Idea & Thoughts

7 Buku Self Improvement untuk Mengubah Hidup Jadi Lebih Baik

Aprilia Ferdiana - Mon Dec 06 2021

“Membaca semua buku yang bagus layaknya sebuah percakapan dengan pemikiran terbaik di abad-abad sebelumnya” – Rene Descartes

“Jika budaya kamu tidak menyukai orang-orang kutu buku, kamu berada pada masalah yang serius” – Bill Gates

“Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas” – Mohammad Hatta

Quotes tentang membaca dari para tokoh atau ahli di seluruh dunia tak akan pernah cukup diketikkan dalam satu halaman.

Hal ini karena membaca buku merupakan input yang baik dalam kehidupan. Adapun manfaat yang terkandung dari membaca buku diantaranya menambah wawasan dan skill. Anda menjadi tahu banyak hal tentang kebudayaan negara lain dari membaca tanpa perlu berkunjung langsung. Anda pun mengerti tentang suatu pelajaran karena membaca banyak referensi.

Semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, Anda akan jauh lebih siap dalam menghadapi tantangan hidup. Buku-buku yang Anda baca akan membuka jalan pikiran mengenai berbagai hal dari sudut pandang yang lain. Otak pun terlatih untuk berpikir dan menganalisa masalah dalam bacaan tersebut. Dari situ tingkat konsentrasi pun ikut meningkat.

Memiliki kebiasaan membaca juga bisa menambah kosakata sehingga skill komunikasi pun meningkat. Membaca buku tidak perlu berjam-jam jika Anda punya banyak kegiatan. Cukup rutin meluangkan waktu 15 menit untuk membaca sebelum tidur. Bacalah tentang apaa saja yang diminati. Jika Anda ingin meningkatkan kualitas hidup menjadi lebih baik, bacalah 7 buku rekomendasi berikut ini:

1. 7 Habits of Highly Effective People

Dalam buku ini dijelaskan kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi pondasi kehidupan. Ada 7 kebiasaan yang dianggap mampu mengubah hidup jika diaplikasikan.

Kebiasaan pertama, dijelaskan bahwa seseorang memiliki kontrol penuh terhadap kehidupan. Apapun pilihan dalam hidup yang sedang Anda jalani, Andalah yang menentukan.

Kebiasaan kedua, dijelaskan bahwa seseorang sebaiknya memiliki tujuan hidup yang jelas. Tujuan bisa dituangkan dalam tulisan yang konkrit agar tahu apa yang sebenarnya diinginkan dalam hidup.

Kebiasaan ketiga, dijelaskan mengenai bagaimana mengatur hidup sesuai skala prioritas. Meski Anda memiliki waktu yang terbatas, semua tergantung bagaimana cara mengelola waktu yang dimiliki sehingga berdampak positif.

Kebiasaan keempat, dijelaskan mengenai bagaimana sikap dasar untuk berinteraksi dengan sesama serta cara mengambil keputusan di tengah banyaknya pilihan.

Kebiasaan kelima, dijelaskan mengenai bagaimana cara memahami orang lain sebelum meminta dimengerti oleh orang lain.

Kebiasaan keenam, dijelaskan mengenai pentingnya bekerja sama dengan orang lain dalam berbagai urusan.

Kebiasaan ketujuh, dijelaskan mengenai cara mengasah diri agar lebih baik setiap hari. Aspek yang perlu diasah diantaranya fisik, spiritual, sosial, dan emosional.

Ketujuh kebiasaan tersebut sebenarnya hal-hal yang mudah diterapkan dan bisa membawa dampak yang besar dalam kehidupan.

2. Atomic Habits

Buku yang merupakan karya James Clear ini mengajarkan cara untuk membangun kebiasaan baik dan meninggalkan kebiasaan buruk. Mulai dari mengubah rutinitas kecil yang baik untuk memperoleh hasil yang luar biasa.

Tentu bukan hanya sekali dua kali, perubahan baik harus dilakukan secara konsisten untuk membuahkan hasil yang sepadan. Sebagai permulaan, tentukan kebiasaan apa yang ingin Anda bangun. Fokus pada tujuan yang dimiliki dan tetapkan kapan mulai melakukannya. Tentukan pula manfaat apa yang bisa diraih ketika menjalankannya.

Setelah Anda menentukan kebiasaan tersebut, jadikan itu menarik dan mudah untuk dilakukan. Jika Anda ingin menjadi penulis hebat maka mulailah dari 2 kalimat setiap harinya hingga bisa dikembangkan jumlahnya ketika sudah mulai terbiasa. Bangun suasana menarik untuk mendukung kebiasaan tersebut.

Buat diri Anda senang atau puas mengulangi kebiasaan tersebut. Jika Anda berhasil melakukan sesuai target harian, berikan apresiasi. Jika tidak, berikan denda kepada diri sendiri.

3. Think and Grow Rich

Buku ini mengungkap berbagai konsep rahasia untuk meraih kekayaan dan kesuksesan dalam kehidupan. Ada 13 prinsip yang dijelaskan dalam buku ini dan bisa Anda praktikkan.

Pertama, hasrat. Hasrat ini merupakan titik awal semua pencapaian yang Anda inginkan. Tentukan mimpi, tujuan, dan tulis semuanya dengan detail. Perlu disadari bahwa orang berhasil kaya karena memimpikan, menghasratkan, dan merencanakan cara memperolehnya.

Kedua, keyakinan. Anda harus meyakini dan percaya diri terhadap apa yang diimpikan. Keyakinan akan memberikan kekuatan dan tindakan kepada pikiran.

Ketiga, auto sugesti. Auto sugesti berarti mengendalikan alam bahwa sadar agar nilai dan prinsip yang ditanamkan tetap ada sehingga impian bisa menjadi kenyataan.

Keempat, pengetahuan khusus. Pengetahuan yang Anda miliki harus diatur lewat tindakan yang mengarah ke tujuan yang diinginkan.

Kelima, imajinasi. Imajinasi ialah tempat untuk Anda mendesain semua impian yang ingin direalisasikan. Imajinasikan semua itu, beri hasrat, bayangkan wujudnya, dan rasakan seolah-olah telah tercapai. Lakukan semua itu lewat kekuatan imajinatif pikiran.

Keenam, perencanaan terorganisasi. Ketika Anda memiliki hasrat, meyakini, hingga mengimajinasikannya, langkah selanjutnya adalah merencanakan sesuatu yang mengarah pada terealisasinya tujuan itu.

Ketujuh, keputusan. Anda harus siap mewujudkan langkah yang sudah direncanakan untuk mencapai impian. Beranilah untuk mengambil keputusan dalam hidup sesuai yang diinginkan, biarkan keyakinan dan hasrat tetap membara.

Kedelapan, kegigihan. Kegigihan adalah faktor penting untuk menghasilkan sebuah keberhasilan. Lakukan apa yang sudah Anda putuskan dengan konsisten dan persisten.

Kesembilan, kekuatan master mind. Master mind artinya koordinasi antara pengetahuan dan usaha untuk mencapai sebuah tujuan. Jika Anda sudah mengerti cara sesuatu dari membaca, maka terapkan pengetahuan itu menjadi tindakan yang nyata.

Kesepuluh, misteri transmutasi seks. Transmutasi artinya perpindahan satu energi menjadi energi yang lain. Dalam bab ini, Anda diarahkan untuk mentrasmutasikan kekuatan seks kepada imajinasi dan tindakan.

Kesebelas, pikiran bawah sadar. Semua data impian ada bisa berada di pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar bisa menerima dan menanamkan tujuan hidup yang ingin direalisasikan dalam wujud fisik.

Keduabelas, otak. Setiap otak memiliki kemampuan menerima vibrasi dari orang lain yang satu frekuensi. Pikiran itu energi yang berkelana pada kecepatan vibrasi yang tinggi. Oleh karenanya, gunakan itu untuk memancarkan energi pada mereka yang sesuai dengan tujuan Anda. Hal ini akan memberikan kemudahan untuk bertindak.

Ketigabelas, indra keenam. Melalui indra keenam Anda bisa berkomunikasi tanpa harus mendapatkan tuntutan dari orang lain. Ini adalah bagian pikiran bawah sadar sehingga bisa melihat inspirasi untuk mengalirkan rencana ke otak.

4. Berani Tidak Disukai

Dalam buku ini ada beberapa pelajaran berharga yang bisa diambil. Hidup bahagia bukanlah hal yang rumit asalkan Anda mau mengubah pola pikir dan membuang perasaan ingin diakui untuk mendapat pujian.

Seseorang harus memilih dan melakukan apa yang dipercaya. Kemudian, perkara bagaimana orang lain menilai pilihan yang Anda lakukan dalam hidup itu sudah di luar kontrol Anda.

Hidup Anda bukan untuk memenuhi ekspektasi orang lain. Anda tidak akan merasakan bahagia sejati jika komentar orang selalu dijadikan beban yang wajib untuk dituruti.

Bahagia itu sederhana. Ia berawal dari pikiran. Maka dari itu, singkirkan semua hal tidak penting yang berada di luar kendali Anda sebagai manusia. Fokus menjadi manusia yang bermanfaat meski akan tetap ada orang yang tidak menyukai Anda.

Cintai diri Anda, lepaskan pendapat orang lain dari pikiran Anda. Mereka juga sama seperti Anda, fokus pada diri mereka sendiri. Apabila Anda memiliki porsi untuk memberikan respon kepada orang lain, lakukanlah secukupnya.

5. Start With Why

Buku yang membahas tentang membangun bisnis dari kata “mengapa” ini merupakan karya Simon Sinek. Simon percaya bahwa kepemimpinan ini ditunjukkan dengan kemampuan untuk menginspirasi orang lain. Hal ini akan menginspirasi pelanggan untuk tetap loyal dengan Anda. Pemimpin besar dunia juga mengetahui dengan jelas tentang mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan.

Terdapat 6 bagian yang disajikan dalam buku ini yaitu dunia yang tidak dimulai dengan pertanyaan mengapa, sudut pandang alternatif, pemimpin butuh pengikut, cara menggalang orang-orang yang percaya, tantangan terbesar adalah sukses, dan menemukan mengapa.

Dalam konsep lingkaran emas yang dituturkan Simon Sinek, Anda harus tahu mengapa melakukan hal tersebut, nilai-nilai apa yang dijunjung. Anda menjual kepercayaan kepada orang lain, bukan produknya.

Pemimpin yang hebat mampu mengkomunikasikan visinya. Mulai dari mengapa mereka melakukannya, bagaimana mereka melakukannya, dan apa yang dilakukannya. Perusahaan yang bergerak dari “mengapa” akan menarik sumber daya yang memiliki nilai sama dengan perusahaan. Karyawan pun memiliki sense of belonging karena memiliki alasan yang menggerakkan. Pada akhirnya, karyawan mendukung dan terlibat penuh dalam perusahaan tersebut. Ketika konsumen loyal maka perusahaan pun akan sukses. Mereka pun menjadi pelanggan yang percaya terhadap apa yang pimpinan percaya.

6. Ikigai

Ada orang yang memiliki tujuan hidup yang memotivasi untuk semangat menjalani hari. Ada pula yang masih mempertanyakan tujuan hidupnya sendiri. Dalam buku ini dibahas mengenai alasan untuk hidup.

Adapun empat hal yang tertera dalam prinsip ikigai diantaranya what you love, what the world needs, what you can be paid for, what you are good at.

What you love, mengerjakan apa yang Anda sukai akan membuat diri hanyut dengan apa yang sedang dikerjakan. Jika Anda sudah menemukan apa yang dikuasai dan dunia butuhkan, maka Anda sudah mempunyai misi (mission).

What the world needs, diartikan bahwa seseorang hidup bukan hanya untuk diri sendiri. Hal inilah yang memberikan perasaan dibutuhkan. Jika Anda sudah menemukan apa yang bisa membuat Anda dibayar dengan baik dan memiliki pengaruh terhadap dunia, maka Anda sudah memiliki pekerjaan (vocation).

What you can be paid for, diartikan bahwa pekerjaan dan gaji yang seseorang terima bisa memberikan alasan untuk bahagia. Hal ini karena Anda bisa memenuhi kebutuhan diri dan keluarga. Jika Anda sudah melakukan apa yang dikuasai dan dibayar untuk melakukannya, maka Anda sudah menemukan profesi (profession).

What you are good at, diartikan bahwa tidak harus berbakat dari lahir untuk bisa sukses. Kemampuan yang Anda inginkan bisa dilatih dengan latihan yang serius sampai menjadi ahli. Kerja keras dalam melakukannya akan membuat Anda menjadi prbadi yang lebih baik lagi. Jika Anda sudah menemukan apa yang Anda kuasai dan sukai, maka Anda sudah menemukan hasrat (passion).

7. Life Revolution

Buku karya Tung Desem Waringin ini berisi tentang 12 ilmu penting dalam kehidupan yang merupakan intisari pengalaman hidup selama 50 tahun.

Bab 1, ilmu modelling. Dalam bab ini Anda diajarkan bagaimana harus menyontek orang sukses di bidang yang diinginkan. Orang sukses dulunya juga orang yang biasa-biasa saja tapi mereka punya punya cerita, prinsip, dan strategi hingga bisa menjadi sukses. Bagian yang dicontek adalah prosesnya, bukan hasilnya.

Bab 2, ilmu mbbkm (menemukan, bergaul, belajar, kerja sama, dan mempekerjakan) orang sukses. Dalam bab ini membahas bagaimana menjadikan segala sesuatu menjadi lebih mudah dan cepat melalui relasi dengan orang sukses.

Bab 3, ilmu mengelola emosi. Dalam bab ini membahas bagaimana pengaruh emosi dalam kehidupan.

Bab 4, ilmu berpikir. Dalam bab ini membahas definisi ilmu berpikir, kegunaannya, dan cara menggunakan unsur penting dalam ilmu berpikir yaitu ilmu bertanya.

Bab 5, ilmu mengambil keputusan. Dalam bab ini membahas kelemahan orang ketika mengambil keputusan yang akan memengaruhi tindakan dan dibahas pula cara mengambil keputusan.

Bab 6, ilmu 7 resep sukses anti gagal. Dalam bab ini membahas berbagai resep sukses anti gagal dalam rangka mencapai semua hal yang diinginkan.

Bab 7, ilmu membuat kebiasaan baik dan membuang kebiasaan buruk. Dalam bab ini membahas bagaimana cara membuat kebiasaan baik atau baru yang lebih bermanfaat dan cara membuang kebiasaan buruk atau lama.

Bab 8, ilmu kesehatan. Dalam bab ini membahas rahasia besar penulis di ranah kesehatan.

Bab 9, ilmu kecerdasan keuangan. Dalam bab ini membahas prinsip-prinsip ysng membuat penulis bisa berubah secara ekonomi dan dibahas pula rahasia orang kaya, orang menengah, orang miskin.

Bab 10, ilmu marketing. Dalam bab ini membahas unsur penting dalam bisnis itu bukan produk maupun orangnya, tapi penawaran yang diberikan.

Bab 11, ilmu mendesain hidup. Dalam bab ini membahas bagaimana cara mendesain hidup mulai dari menentukan identitas diri dan visi misi hidup.

Bab 12, ilmu keluarga harmonis. Dalam bab ini membahas penyebab pertempuran keluarga dan bagaimana solusinya dengan 3 level menjaga hubungan.

Cukup sekian penjelasan mengenai 7 buku self improvement untuk mengubah hidup jadi lebih baik. Anda bisa menjadikannya sebagai bahan bacaan untuk meningkatkan skill di bidang yang Anda inginkan. Tentu di luar ketujuh buku yang sudah disebutkan di atas masih banyak buku self improvement lainnya. Silakan Anda eksplorasi lebih lanjut sesuai minat Anda masing-masing. Selamat berproses!

Artikel yang Mungkin Anda Inginkan
Article Image
Idea & Thoughts
Pentingnya Kredensial Digital...

Diksy Paramitha - Mon May 31 2021

Article Image
Idea & Thoughts
Diperingati Lagi Hari Santri N...

Aprilia Ferdiana - Fri Oct 22 2021

Article Image
Idea & Thoughts
Mengulik Lifelong Learning, Sa...

Aprilia Ferdiana - Tue Oct 26 2021

Article Image
Idea & Thoughts
Hari Sumpah Pemuda Sebagai Mom...

Aprilia Ferdiana - Thu Oct 28 2021