tutorial

Cara Menerbitkan Sertifikat Digital (E-Certificate) di Sertiva

Saga Iqranegara - Tue Oct 27 2020

Sertiva adalah sebuah layanan yang membantu organisasi atau lembaga untuk menerbitkan sertifikat digital secara mudah dan dapat diverifikasi keabsahannya. Sehingga dapat menurunkan pemalsuan sertifikat atau ijazah, dan pada akhirnya akan meningkatkan trust dari organisasi itu sendiri.

Sertiva lahir atas keprihatinan akan maraknya pemalsuan sertifikat atau ijazah. Untuk mencetak ijazah atau sertifikat aspal (asli tapi palsu) bukanlah hal yang sulit. Hal ini tentunya mencederai banyak pihak yang telah bersungguh-sungguh dalam mendapatkan sertifikat tersebut.

Pun di masa pandemi ini, pendidikan dan pelatihan ketenagakerjaan dihadapkan pada tantangan untuk shifting menggunakan teknologi daring. Sehingga sertifikat dalam bentuk digital yang sebenarnya menjadi keniscayaan. Di sini lah Sertiva mengambil peran sebagai penyedia solusi sertifikat digital yang sah secara hukum.

Sertiva dapat digunakan untuk menerbitkan segala jenis sertifikat yang memberi pengakuan atas pencapaian seseorang. Baik itu berupa pengakuan atas keikutsertaan seseorang dalam sebuah acara seminar, ijazah yang diperoleh setelah menyelesaikan jenjang pendidikan tertentu, hingga sebuah penghargaan yang diberikan atas prestasi seseorang dalam hidupnya.

Bagaimana Cara Menerbitkan Sertifikat Digital di Sertiva?

1. Mendaftar Sebagai Organisasi Penerbit

Menerbitkan e-sertifikat melalui Sertiva harus dilakukan oleh organisasi. Guna mendaftar sebagai organisasi terlebih dahulu pastikan anda sudah mendaftar menggunakan akun biasa pada halaman Register.Setelah anda berada dalam Dashboard, klik menu Profile anda pada kanan atas. Lalu klik Buat Organisasi, kemudian anda akan masuk ke halaman seperti dibawah ini.
buat organisasi.png

Pada halaman tersebut akan terlihat anda login menggunakan akun personal yang nantinya akan menjadi owner dan admin dari sebuah organisasi. Jika anda ingin membuat akun terpisah untuk organisasi, anda dapat menekan tombol Daftar untuk pendaftaran baru.

Klik Buat Organisasi untuk melanjutkan pendaftaran organisasi. Kemudian anda akan masuk ke halaman seperti dibawah ini.
buat organisasi.png

Lengkapi isian organisasi anda, kami akan menghubungi anda dan menawarkan bantuan untuk anda. Jadi pastikan untuk mengisi informasi organisasi dengan benar. Klik Buat Organisasi untuk mendaftar.

2. Mempersiapkan Design

Design merupakan gambar yang digunakan pada blanko sertifikat. Anda dapat memasukan desain yang akan digunakan untuk sertifikat. Klik pada menu Designs.
buat design.png

Semua desain sertifikat anda akan masuk ke halaman itu. Klik Create Design untuk membuat desain baru.

Setelah itu, akan muncul menu pilihan seperti ini. Anda dapat memilih jenis orientasi yang anda inginkan untuk design sertifikat anda. Tersedia 2 pilihan, Landscape dan Portrait.
orientasi.png

Setelah anda memilih jenis orientasi, klik Buat Desain dan akan muncul seperti gambar dibawah ini.
buat design 2.png

Pada halaman ini anda dapat memasukan background yang akan digunakan untuk sertifikat. Klik Bg pada menu sebelah kiri, lalu klik Choose Your Background untuk mengupload desain sertifikat anda.

Text Variable

Text variable merupakan tulisan yang nantinya akan otomatis kita ganti dengan data dari penerima sertifikat seperti Nama, Tanggal Penerbitan, Tanggal Kadaluarsa, Nomor Sertifikat, dan Tanggal Acara.

Guna menambahkan tulisan yang akan kita ganti otomatis ini, klik Text pada menu sebelah kiri dan arahkan ditempat yang anda inginkan.

Kemudian pada menu sebelah kanan kita pilih Type. Pilihan Static Text merupakan tulisan biasa, namun ada pilihan lain yang dapat kita gunakan untuk mengganti otomatis tulisan pada saat proses penerbitan. Pertama kita pilih Recipient Name pada kategori Recipient sebagai tulisan dari nama penerima.

insert nama di design.png

PENTING: Kita perbesar ukuran kotak biru dari tempat tulisan tersebut untuk mengakomodir nama peserta yang panjang, kemudian pilih rata tengah.
Selain itu anda juga dapat mengubah format dari tulisan menggunakan menu pada sebelah kanan seperti dibawah ini.
text style.png

Ubah ukuran tulisan, jenis font, rata dari tulisan, style tulisan dan warna dari tulisan melalui menu sebelah kanan tersebut. Klik tulisan lain jika anda ingin mengubah attribut pada tulisan lain.
design input nama.png

Setelah itu kita tambahkan tulisan lain yang juga merupakan tulisan yang akan kita ganti secara otomatis. Yaitu judul dari sertifikat, proses yang dilakukan sama dengan diatas.
design fix.png

Lakukan hal yang sama untuk Tanggal Penerbitan dan Kadaluarsa. Desain telah selesai dan akan terlihat seperti berikut. Jika sudah selesai, anda dapat klik tombol Simpan pada bagian kanan atas. Untuk mengganti judul sertifikat, anda dapat klik pada tulisan untitled design, kemudian ubah sesuai keinginan anda.

3. Mempersiapkan blanko e-sertifikat dengan Template

Template merupakan blanko dari sertifikat yang akan anda terbitkan. Banyak template dapat menggunakan 1 desain yang sama. Perbedaannya adalah pada template anda dapat mengubah judul dan diskripsi dari sertifikat yang akan diterbitkan.

Pada halaman Templates, klik Create Template.
templte.png

isi judul dan diskripsi dari sertifikat yang akan diterbitkan. Kemudian klik Next.
pilih desain template.png

Pilih desain yang akan kita gunakan. Lalu konfirmasi pada halaman berikut.
konfirmasi design.png

Anda dapat cek kembali design yang akan dijadikan template. Jika sudah, klik Buat Template. Jika berhasil, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.
konfirmasi template selesai.png

4. Menerbitkan e-Sertifikat

Klik Menu Sertifikat. Setelah itu akan muncul menu seperti ini.
menerbitkan sertifikat.png

Kemudian klik menu Terbitkan Sertifikat. Kemudian anda dapat memilih template yang sebelumnya sudah anda buat. Klik pada template yang anda inginkan.
menerbitkan sertifikat 2.png

Jika anda sudah memilih template, akan muncul menu seperti ini. Pastikan template yang anda pilih sudah benar dan sesuai. Setelah itu, akan muncul halaman seperti pada gambar dibawah ini.
menerbitkan sertifikat 4.png

Untuk mengimpor penerima, anda dapat klik pada menu Impor. Setelah itu akan muncul halaman seperti pada gambar dibawah ini.
menerbitkan sertifikat 5.png

**Penting: sebelum mengunggah data penerima dengan format excel atau .xls, pastikan untuk mengunduh dan menyesuaikan dengan contoh berkas yang kami sediakan agar saat pendistribusian tidak terjadi masalah. **

Setelah berkas yang berisi data penerima sesuai dengan contoh yang kami berikan, maka anda bisa langsung klik menu Impor. Selanjutnya, akan muncul halaman seperti dibawah ini.
menerbitkan sertifikat 6.png

Data Penerima yang telah anda upload dengan format .xls secara otomatis akan muncul pada halaman ini. Setelah semua data dan design sertifikat sudah benar, anda dapat klik menu Terbitkan Sertifikat.
menerbitkan sertifikat 7.png

Setelah anda klik menu Terbitkan Sertifikat, maka akan muncul opsi Tanggal Kadaluarsa Sertifikat. **Penting: Anda dapat mengisi dan memilih tanggal sesuai dengan berakhirnya masa berlaku sertifikat yang anda terbitkan. Namun jika sertifikat yang anda terbitkan tidak memiliki masa berlaku atau kadaluarsa, maka anda dapat membiarkan tanggal tidak terisi dan langsung klik menu Terbitkan Tanggal Kadaluarsa, dan klik menu Ya, Terbitkan Sertifikat. **

Jika halaman seperti pada gambar diatas muncul, berarti anda telah berhasil menerbitkan Sertifikat. Anda bisa memilih menu Lihat Sertifikat untuk melihat sertifikat yang telah anda terbitkan.

Selain itu, anda bisa melihat sertifikat yang telah anda terbitkan pada menu Sertifikat.
menu akhir sertifikat.png

Pada tabel diatas terdapat Status dari sertifikat. Sertifikat yang sedang diterbitkan akan berstatus process, yang telah diterbitkan akan berstatus issued, sedangkan sertifikat yang sudah diambil oleh penerima akan berstatus claimed.

Selamat! Organisasi anda telah selesai menerbitkan sertifikat. Hubungi tim kami melalui email info@sertiva.id, Instagram @Sertiva_id atau Whatsapp ke nomor 0898-459-6060 apabila mengalami kesulitan.

Artikel yang Mungkin Anda Inginkan
Article Image
tutorial
Tutorial Top Up Kredit Sertiva

Diksy Paramitha - Wed Jun 16 2021

Article Image
tutorial
Tutorial Klaim Sertifikat Digi...

Diksy Paramitha - Sun Jul 04 2021