Idea & Thoughts

Cara Mudah Perkaya Pengetahuan Lewat Webinar Hanya #DiRumahAja

Aprilia Ferdiana - Thu Nov 04 2021

Hidup tak selalu bisa ditebak. Terkadang cuaca bisa begitu cerah, satu jam kemudian tiba-tiba mendung lalu turun hujan. Terkadang hari ini kita berurai air mata, esok harinya tersenyum bahagia. Tapi percayalah di balik semua hal yang terjadi akan ada hikmah yang bisa diambil. Tanamkan pikiran positif maka hal positif juga yang akan dituai.

Seperti halnya keadaan saat ini. Siapa sangka kalau virus corona yang hadir di akhir tahun 2019 itu akan menjadi sebuah pandemi. Hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk setiap orang, masyarakat, maupun negara tentang bagaimana caranya beradaptasi dengan keadaan.

Keadaan yang tak menentu ini ternyata tidak menjadi halangan untuk tetap melangkah. Pandemi memunculkan banyak kegiatan pengembangan diri secara online seperti webinar. Webinar menjadi cara praktis untuk meningkatkan kompetensi meski dilakukan dari rumah.

Apa itu webinar? Webinar adalah singkatan dari web dan seminar. Sesuai dengan singkatannya, webinar adalah seminar yang dilakukan melalui aplikasi berbasis internet atau situs web. Webinar ini memungkinkan pembicara dan peserta saling terhubung satu sama lain secara online meskipun tidak berada dalam satu tempat yang sama.

Saat ini banyak webinar yang bisa diikuti oleh siapapun sesuai kebutuhan yang dimiliki. Misalnya, ketika Anda ingin meningkatkan ilmu terkait pemasaran online, maka Anda bisa mencari webinar yang berkaitan seperti membahas SEO, Facebook Ads, Email Marketing, dan lain-lain.

Manfaat Mengikuti Webinar Hanya #DiRumahAja

Ketika Anda aktif mengikuti webinar, ada banyak hal positif yang bisa didapatkan. Salah satu hal yang didapatkan adalah pengetahuan menjadi bertambah dan mendapatkan relasi dari berbagai wilayah di Indonesia. Selengkapnya bisa disimak lewat poin-poin berikut ini :

1. Meningkatkan kompetensi

Mengikuti webinar akan menambah kompetensi terkait topik yang dipelajari dalam webinar tersebut. Meskipun topiknya sama, ketika Anda mengikuti berbagai webinar dari pembicara yang berbeda-beda, biasanya akan ada insight baru. Hal ini karena pengalaman tiap pembicara juga bisa berbeda-beda.

Namun, aktif mengikuti webinar saja tidak cukup. Anda harus menyimpan wawasan tersebut ke dalam catatan dan menerapkannya. Kompetensi Anda akan meningkat seiring dengan usaha yang dilakukan.

Misalnya, hari ini Anda sudah memiliki jadwal untuk mengikuti webinar tentang copywriting. Agar ilmunya bisa terserap dengan baik, satu jam sebelum webinar Anda harus mempersiapkan diri. Ciptakan mood yang baik dan bayangkan betapa senangnya Anda akan mendapatkan wawasan baru. Siapkan keperluan lainnya seperti baterai laptop atau ponsel yang full, koneksi internet, tempat yang nyaman, alat tulis, dan air minum agar tetap terhidrasi.

Saat webinar berlangsung, terapkan mindfulness. Fokus terhadap topik yang dibahas dan serap ilmunya dengan baik. Catat hal-hal yang penting. Bertanyalah jika ada yang kurang dipahami pada saat sesi tanya jawab.

Saat webinar telah usai, terapkan pengetahuan yang Anda miliki. Baca kembali catatan Anda tentang copywriting tadi. Berlatihlah membuat copywriting sesuai dengan apa yang dipelajari. Anda juga bisa menerapkannya langsung pada pekerjaan atau bisnis yang dimiliki.

Dengan adanya kombinasi dari mendengar, mencatat, dan mempraktikkan ilmu yang diperoleh maka kompetensi Anda akan bertambah.

Perlu diperhatikan juga bahwa webinar biasanya memiliki keterbatasan waktu sehingga informasi yang disampaikan kurang komprehensif. Oleh karenanya, teruslah mempelajari topik tersebut dari buku maupun webinar lain untuk menambah perspektif baru.

2. Menambah networking

Salah satu hal yang bisa Anda dapatkan dari mengikuti webinar adalah menambah relasi. Setiap webinar bisa diadakan oleh instansi yang berbeda, mendatangkan pembicara yang berbeda, dan dihadiri peserta yang berbeda pula.

Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk menjalin hubungan dengan mereka yang memiliki nilai-nilai yang sama dengan Anda. Berusahalah untuk berinteraksi dengan pakar yang menjadi pembicara disitu. Begitu juga dengan para peserta yang hadir, mereka bisa menjadi teman seperjuangan Anda. Ketika relasi dibangun, Anda juga sedang membangun peluang akan adanya kerja sama. Kemampuan membangun relasi ini bisa meningkatkan kompetensi Anda di bidang komunikasi. Jadi, teruslah berlatih dan bangun hubungan yang baik.

Dari membangun relasi dalam webinar tersebut ada juga peluang untuk mengenalkan bisnis yang Anda miliki. Tentunya harus dilakukan dengan cara yang baik. Bukan mengganggu suasana webinar tersebut.

Misalnya, Anda mengikuti sebuah webinar tentang cara meningkatkan omset bisnis online. Kebetulan Anda juga memiliki bisnis online dalam bidang kuliner. Saat sesi tanya jawab dibuka, tanyakanlah sesuatu yang berkaitan dengan pengembangan bisnis atau permasalahan yang dialami selama menjalankan bisnis Anda. Jangan lupa jelaskan terlebih dahulu secara singkat mengenai bisnis yang dijalankan.

Dari pertanyaan yang dilontarkan bisa saja pembicara mengarahkan pada solusi konkret yang selama ini belum terpikirkan oleh Anda. Seluruh peserta yang hadir juga bisa mengetahui bisnis Anda tersebut. Bukan tidak mungkin jika ada yang tertarik dengan bisnis Anda.

3. Menambah sertifikat

Mengikuti webinar juga bisa menambah sertifikat. Sertifikat ini penting sebagai bukti bahwa Anda pernah mengikuti webinar tersebut. Apalagi jika webinar yang diikuti berkaitan dengan bidang yang Anda geluti, hal itu akan sangat berguna sebagai tanda bahwa Anda benar-benar mengasah skill di bidang tersebut.

Beberapa tahun ke depan, Anda mungkin akan jauh lebih sukses. Kemudian saat Anda memiliki waktu untuk membereskan dokumen dan melihat-lihat kembali, sertifikat webinar itu bisa membuka ingatan tentang perjalanan Anda dalam meningkatkan ilmu pengetahuan.

Tips Mencari Webinar yang Tepat untuk Anda

Menemukan webinar yang diminati kini tidak sesulit yang dibayangkan. Pasalnya, semua aktivitas kini banyak dilakukan secara online. Hanya bermodalkan ponsel dan paket data semua informasi bisa diraih dengan mudah. Ikuti tips di bawah ini, ya.

1. Tentukan topik yang dibutuhkan atau diminati

Dengan menentukan topik tertentu, Anda akan fokus dalam mencari informasi terkait. Contohnya, jika saat itu Anda sedang membutuhkan informasi tentang bedah buku, carilah webinar yang berkaitan dengan literasi.

Webinar yang topiknya sesuai dengan minat dan kebutuhan akan lebih bermanfaat dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Hunting informasi di media sosial dan internet

Selain digunakan untuk mengekspresikan diri, media sosial bisa digunakan untuk mencari informasi yang bisa menambah pengetahuan. Salah satunya mencari informasi webinar dari seluruh Indonesia.

Jika mencari informasi lewat media partner, caranya cukup mudah. Pertama-tama login terlebih dahulu melalui akun media sosial, dalam hal ini misalnya Instagram. Di kolom pencarian silakan ketikkan kata kunci webinar. Setelah itu akan muncul puluhan akun terkait seperti Webinar Gratis, Webinar Indonesia, Webinar Kesehatan, Webinar Psikologi, dan lain-lain sesuai kata kunci yang dicari.

Anda bisa membuka akun tersebut satu per satu. Disitu Anda bisa menemukan bermacam-macam webinar yang bisa diikuti baik gratis maupun berbayar. Biasanya ada juga akun yang menyediakan grup telegram atau whatsapp sehingga para pengikutnya bisa langsung mendapatkan update yang lebih lengkap.

Kalaupun tidak mengikuti akun media partner di media sosial, Anda bisa langsung mengikuti akun-akun yang sesuai dengan minat Anda karena biasanya mereka juga mengadakan webinar. Organisasi atau lembaga yang biasanya mengadakan webinar diantaranya Perpusnas, Dewatalk, Young On Top, Siberkreasi, dan lain-lain.

Anda pun masih bisa menemukan webinar lain lewat pencarian internet. Ada begitu banyak jalan asalkan diusahakan. Semangat meningkatkan kompetensi ya!

3. Cari webinar yang menawarkan sertifikat digital

Tips lainnya yaitu Anda harus memerhatikan benefit apa yang bisa didapatkan ketika mengikuti webinar. Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan yaitu apakah webinar tersebut juga memberikan sertifikat digital untuk para pesertanya. Sertifikat yang diperoleh dari webinar merupakan hak peserta sebagai pengakuan dan tanda bukti.

Sertiva Secara Aktif Mendukung Pelaksanaan Webinar Oleh Berbagai Organisasi

Sertiva percaya bahwa pandemi bukanlah halangan untuk terus mengembangkan diri. Maka dari itu, Sertiva mendukung terlaksananya webinar-webinar yang ada di seluruh Indonesia.

Bentuk dukungan ini berupa kesediaan untuk membantu setiap organisasi maupun lembaga pendidikan dalam menerbitkan sertifikat digital.

Jadi, setiap organisasi tak perlu membuang waktu lama untuk mengurusi sertifikat. Bersama Sertiva, sertifikat bisa didistribusikan ke ribuan orang hanya dalam waktu yang singkat. Hal yang tak kalah penting yaitu sertifikatnya sah, aman, dan bisa diverifikasi.

Ayo, terbitkan sertifikat digital hanya di Sertiva.id. Buktikan prosesnya yang mudah, sekarang juga!

Artikel yang Mungkin Anda Inginkan
Article Image
Idea & Thoughts
Pentingnya Kredensial Digital...

Diksy Paramitha - Mon May 31 2021

Article Image
Idea & Thoughts
Diperingati Lagi Hari Santri N...

Aprilia Ferdiana - Fri Oct 22 2021

Article Image
Idea & Thoughts
Mengulik Lifelong Learning, Sa...

Aprilia Ferdiana - Tue Oct 26 2021

Article Image
Idea & Thoughts
Hari Sumpah Pemuda Sebagai Mom...

Aprilia Ferdiana - Thu Oct 28 2021