Idea & Thoughts

Kabar Baik, Punya Hobi Berikut Ini Bisa Jadi Sumber Rezeki

Aprilia Ferdiana - Wed Jan 12 2022

Saat pandemi kegiatan lebih banyak dilakukan di dalam rumah. Orang-orang pasti akan mencari kesibukan baru untuk mengisi waktu luang seperti melakukan hobi. Sebuah kegiatan untuk menghibur diri, menghilang dari kepenatan, atau mengasah kemampuan.

Tanpa disadari ketika hobi dilakukan terlalu sering maka akan memakan banyak waktu dan biaya. Jika seseorang mampu melihat peluang bisnis di dalamnya maka hobi itu akan menjadi menyenangkan sekaligus menguntungkan. Hobi bukan hanya sekadar hobi apabila mampu menjadikannya lebih bernilai. Bernilai dalam artian bisa memberikan manfaat untuk orang lain yang membutuhkan. Ketika seseorang mampu memberi sesuai kemampuannya maka manfaatnya juga kembali ke diri sendiri. Berikut ini beberapa hobi yang bisa Anda kembangkan untuk meraih keuntungan dan menerbarkan manfaat.

1. Fotografi

Fotografi menjadi salah satu peluang bisnis karena di era saat ini lebih banyak pihak yang membutuhkan jasa fotografer. Jika Anda memiliki ketertarikan dan skill untuk menjadi seorang fotografer sebaiknya dikembangkan lebih lanjut.

Mengasah skill fotografi dilakukan dengan memperbanyak hunting foto sesuai minat. Hasil foto itu dapat menjadi bukti karya dalam bentuk portofolio fotografi. Supaya banyak orang bisa melihat karya itu Anda bisa membuat akun media sosial untuk mengupload foto dan mengunggah foto yang sekiranya berpeluang untuk dibeli melalui platform foto berbayar.

Melalui akun media sosial itu Anda juga bisa menawarkan jasa foto engagement, prewedding, wedding, food photography, kursus fotografi, berjualan kamera dan aksesorisnya.

2. Berkebun

Berkebun biasanya dilakukan oleh orang-orang yang suka dengan tanaman. Ada yang sangat gemar hingga berbagai jenis tanaman dikoleksi memenuhi sekitar rumah. Namun, menanam tanaman juga butuh pengetahuan dari mulai mencari bibit hingga skill untuk merawatnya.

Tanaman yang dikoleksi tersebut bisa dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan jika dijual. Apalagi saat ini minat masyarakat akan tanaman juga semakin meningkat. Sebagai kolektor tanaman juga harus bisa menentukan harga yang tepat di pasar sesuai ukuran maupun kelangkaan setiap tanaman.

Selain menjual tanamannya, menjual jasa perawatan dan mendesain taman rumah juga bisa jadi alternatif lainnya. Hal ini karena tidak semua orang memiliki waktu dan skill yang dibutuhkan.

3. Menulis

Menulis biasa dilakukan untuk mencurahkan isi hati maupun berbagai kegiatan yang dialami sehari-hari. Manfaatnya bisa melepaskan stress maupun mengabadikan sebuah memori. Jika Anda memiliki skill ini tentunya bisa dikembangkan ke ranah yang lebih luas lagi. Bukan hanya untuk diri sendiri namun berbagi inspirasi melalui tulisan kepada orang lain.

Di era ini Anda bisa dengan mudah untuk mempublikasi karya yang dimiliki. Melalui media sosial, blog, maupun platform lainnya. Sesuaikan dengan genre tulisan yang dibuat. Ada yang suka menulis fiksi, ada juga yang suka non fiksi. Semuanya memiliki nilai tersendiri.

Jika menyukai fiksi, Anda bisa menciptakan novel lalu dikirim ke penebit. Jika menyukai non fiksi, Anda bisa mencoba menekuni content writing atau copywriting. Belajarlah dari berbagai arah untuk memperbanyak sudut pandang dan mengasah kompetensi.

4. Memasak

Bermula dari hobi memasak ternyata bisa menjadi bisnis kuliner sendiri. Memulainya bisa secara sederhana dengan menjajakan secara online. Jenis kuliner yang dipilih juga bisa disesuaikan dengan kesukaan. Mulai dari minuman, keripik, kue, atau makanan berat. Dari hal itu bisa menjadi jasa catering apabila ada yang membutuhkan.

Skill memasak juga harus selalu diasah supaya Anda bisa memperluas bisnis kuliner dari segi resep maupun membangun bisnis yang baru. Hal ini mengingat bahwa banyaknya bisnis kuliner menjadi tantangan tersendiri agar mampu eksis dengan melakukan berbagai inovasi. Meski tak dapat dipungkiri bahwa kuliner adalah kebutuhan pokok yang akan selalu dicari.

Selain itu membuat konten di media sosial yang terkait dengan kuliner juga bisa jadi pilihan. Misalnya seperti merekomendasikan tempat makan yang enak, mukbang, berbagi resep, dan lainnya.

5. Bermain media sosial

Media sosial menjadi tempat berkomunikasi yang kini sering digunakan. Bermain media sosial selama berjam-jam tentunya mengganggu produktivitas sehari-hari. Dari yang harusnya menyelesaikan beberapa pekerjaan menjadi tertunda gara-gara asik melihat berbagai postingan.

Namun, lain halnya jika hobi bermain media sosial dijadikan sebagai sumber penghasilan. Tentunya akan lebih bernilai lagi aktivitas ini. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di media sosial dari mencari pengetahuan hingga mendapatkan penghasilan.

Anda tinggal memilih dari banyaknya akun yang menyediakan kursus untuk mengasah berbagai skill yang diinginkan. Tentunya ini jauh lebih bermanfaat untuk pengembangan diri.

Jika ingin mendapatkan penghasilan dari media sosial, skill yang bisa dibutuhkan diantaranya facebook ads, instagram ads, social media admin, content writing, copywriting, desain graphic, dan lainnya. Skill tersebut penting digunakan ketika Anda ingin memasarkan bisnis secara online.

6. Menggambar

Ada peluang untuk Anda yang suka berimajinasi dan menuangkannya pada media kertas atau kanvas. Selain sebagai sarana untuk mengekspresikan diri, Anda juga bisa membantu keperluan orang lain.

Bisnis yang bisa dijalani dari hobi menggambar diantaranya membuat sketsa, ilustrasi, lukisan pemandangan, lukisan benda, dan lainnya. Semakin tinggi nilai estetika yang ada semakin tinggi pula tarif yang bisa ditetapkan. Anda bisa memasarkan jasa ini secara offline kepada daerah sekitar yang mudah dijangkau maupun online lalu dikirim melalui jasa pengiriman.

7. Membuat kerajinan tangan

Setiap orang memiliki kemampuan yang dianugerahkan Tuhan sejak lahir. Ketika Anda merasa senang dan berbakat membuat banyak karya dari kerajinan tangan, ini peluang yang bagus. Kerajinan tangan yang dimaksud seperti anyaman kain, anyaman bambu, dompet dari barang bekas, tempat pensil dari plastik, dan lainnya. Jika barang yang bisa didaur ulang dijadikan lebih bermanfaat dan indah, tak jarang banyak orang akan tertarik dengan skill dan karya Anda.

Anda bisa mulai untuk membangun personal branding di media sosial tentang kerajinan apa yang dibuat, bahan-bahan yang bisa didaur ulang, edukasi pembuatan kerajinan, games, cara pemakaian, dan lainnya. Konten yang bervariasi membuat audience tidak terlalu bosan dengan informasi yang disajikan. Jangan lupa cantumkan kontak atau link yang bisa dihubungi untuk kerja sama dan pembelian barang kerajinan. Lakukan secara konsisten sembari meningkatkan skill dan kreativitas.

8. Travelling

Mengunjungi berbagai tempat menarik memang menyenangkan. Baik sendirian, bersama keluarga, maupun teman akan menjadi momen tak terlupakan. Namun, hobi travelling jika dilakukan terlalu sering akan memakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Oleh karenanya, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengimbanginya yaitu membuat berbagai konten perjalanan di media sosial. Selain itu Anda juga bisa membangun bisnis travel sesuai dengan hobi Anda sendiri.

Tak mengapa sambil bersenang-senang juga mencari cuan. Siapa tahu ada pihak yang tertarik untuk bekerja sama, terhibur dan teredukasi dengan konten yang dibuat. Apalagi bagi Anda yang memiliki skill public speaking yang baik, percaya diri di depan kamera, dan mampu mengoperasikan aplikasi editing akan menjadi nilai tambah tersendiri untuk menjadi konten kreator yang handal.

Di luar 8 hobi tersebut masih banyak hal yang bisa dieksplorasi. Setiap orang memiliki hobi dan skill masing-masing. Melakukan hobi memang menyenangkan, namun akan lebih menyenangkan apabila mampu menggunakannya agar bermanfaat untuk sesama. Terus lakukan pengembangan diri untuk mencapai hasil yang terbaik. Selamat menggali potensi diri!

Artikel yang Mungkin Anda Inginkan
Article Image
Idea & Thoughts
Pentingnya Kredensial Digital...

Diksy Paramitha - Mon May 31 2021

Article Image
Idea & Thoughts
Diperingati Lagi Hari Santri N...

Aprilia Ferdiana - Fri Oct 22 2021

Article Image
Idea & Thoughts
Mengulik Lifelong Learning, Sa...

Aprilia Ferdiana - Tue Oct 26 2021

Article Image
Idea & Thoughts
Hari Sumpah Pemuda Sebagai Mom...

Aprilia Ferdiana - Thu Oct 28 2021