Product Knowledge

Keunggulan Menerbitkan Sertifikat Digital di Sertiva

Aprilia Ferdiana - Sun Jan 02 2022

Sertifikat merupakan salah satu berkas penting yang dibutuhkan seseorang sebagai tanda bukti telah menyelesaikan pendidikan formal, kepemilikan barang, maupun uji kompetensi dalam suatu pelatihan. Sertifikat tersebut kebanyakan masih dicetak dan disimpan secara mandiri di rumah. Namun, sertifikat cetak lumayan rentan mengalami kerusakan dan kurang ringkas untuk mobilitas.

Salah satu solusi di era digital ini adalah tersedianya sertifikat digital. Sertifikat digital ini menawarkan kemudahan yaitu lebih aman dan mudah diakses. Anda bisa mencoba menerbitkan sertifikat digital melalui lembaga yang menyediakan layanan ini. Salah satunya adalah Sertiva. Sertiva hadir memberikan solusi atas kebutuhan di era digital yaitu penerbitan sertifikat digital yang mudah dalam hitungan menit, sah, dan bisa diverifikasi.

Menerbitkan sertifikat melalui Sertiva bisa dilakukan secara pribadi maupun instansi. Baik pribadi maupun instansi akan tetap diverifikasi oleh Sertiva. Keunggulan yang didapatkan ketika menerbitkan sertifikat digital dibandingkan sertifikat pdf/cetak adalah waktu pembuatan lebih singkat (cukup 5 s/d 15 menit), distribusinya berlangsung otomatis (ada pemberitahuan ke peserta), verifikasi mudah dan cepat, revoke mudah dan cepat, dan bisa diberi expired date. Penjelasan selengkapnya berikut ini.

Keunggulan pertama yaitu waktu pembuatannya lebih singkat. Kini saatnya Anda mencoba untuk membuktikannya sendiri. Caranya tinggal mendaftar akun personal, membuat akun organisasi, dan membuat sertifikat di akun organisasi. Penerbitan bisa menjadi lama saat membuat desain sertifikat. Selebihnya saat proses distribusi hanya membutuhkan waktu hitungan menit.

Ketika Anda telah menerbitkan sertifikat di Sertiva, otomatis peserta akan mendapatkan notifikasi via wa/email. Ini adalah salah satu keunggulan yang telah disebutkan tadi. Peserta akan diarahkan untuk membuat akun personal di Sertiva apabila belum memiliki akun. Apabila sudah memiliki akun maka penerima cukup login saja. Peserta yang sudah pernah memiliki sertifikat di akun Sertiva ditandai dengan adanya sertifikat di dasbor akunnya. Inilah keguaan membuat akun untuk menampung sertifikat yang dimiliki.

Setelah peserta mendapatkan sertifikat, untuk mengecek keasliannya maka perlu diverifikasi. Ada 4 cara yang bisa pilih untuk melakukan verifikasi yaitu melalui laman sertifikat digital, scan QR Code yang tercetak, upload dokumen sertifikat, dan input nomor sertifikat. Penjelasan mengenai cara verifikasi tersebut bisa dilihat melalui link berikut ini https://sertiva.id/blog/4-cara-verifikasi-sertifikat-digital-yang-diterbitkan-melalui-sertiva. Inilah perbedaan yang signifikan dengan sertifikat pdf/cetak, verifikasi keaslian data tidak bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Sebagai contoh sertifikat cetak, antara penerbit dengan penerima sertifikat bisa saja sedang menempati tempat dengan jarak yang berjauhan. Ketika ingin mengecek keaslian data maka tidak bisa dilakukan saat itu juga. Penerima sertifikat harus meluangkan banyak waktu dan biaya untuk menuju ke tempat diterbitkannya sertifikat itu. Lain halnya dengan sertifikat digital, penerima sertifikat bisa mengecek keaslian data kapanpun dan darimana saja melalui alat elektronik.

Meski awalnya sudah yakin, bisa saja ada kesalahan yang tak disadari misalnya pada bagian desain maupun penulisan. Issuer tidak perlu khawatir karena ada fitur revoke yang bisa digunakan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu masuk ke akun organisasi dan klik menu sertifikat. Disitu tertera berbagai sertifikat yang telah diterbitkan. Pilih sertifikat yang akan ditarik, klik titik tiga yang ada di sebelah kanan, pilih revoke. Saat itu juga sertifikat telah di revoke dan tidak bisa diklaim oleh peserta tersebut. Namun, issuer masih bisa menerbitkan ulang sertifikat untuk peserta tersebut.

Itulah keunggulan menerbitkan sertifikat digital khususnya di Sertiva. Hal ini akan memudahkan organisasi Anda ketika ingin menerbitkan banyak sertifikat dalam wkatu yang singkat, mudah diverifikasi, dan mudah diperbaharui. Tunggu apalagi? Cobalah menerbitkan sertifikat digital sekarang juga! Apabila Anda memerlukan informasi lebih lanjut silakan email ke info@sertiva.id.

Artikel yang Mungkin Anda Inginkan
Article Image
Product Knowledge
Perbedaan Sertifikat Digital d...

Saga Iqranegara - Sat Jul 31 2021

Article Image
Product Knowledge
Perbedaan Penerbitan Sertifika...

Saga Iqranegara - Tue Aug 17 2021

Article Image
Product Knowledge
Manfaatkan Digitalisasi untuk...

Aprilia Ferdiana - Sat Oct 23 2021

Article Image
Product Knowledge
4 Cara Verifikasi Sertifikat D...

Aprilia Ferdiana - Fri Dec 10 2021