Idea & Thoughts

Pentingnya Kredensial Digital sebagai Rekam Jejak Pendidikan Kompetensi dan Karir

Diksy Paramitha - Mon May 31 2021

Ketika mengikuti suatu seminar, workshop, atau webinar, biasanya anda akan mendapatkan bukti partisipasi melalui sertifikat yang diberikan oleh penyelenggara. Sertifikat-sertifikat tersebut dapat anda simpan sebagai bukti bahwa anda telah berpartisipasi, mendapatkan ilmu atau mendapatkan kemampuan tertentu untuk digunakan di kemudian hari seperti melamar pekerjaan.

Saat ini, anda sudah menyadari bahwa sertifikat yang anda miliki itu penting karena sertifikat tersebut merupakan sebuah bukti bahwa anda telah melakukan atau mendapatkan sesuatu. Di dunia profesional, anda perlu membuktikan kemampuan yang anda miliki untuk dapat bekerja secara profesional.

Lalu apa jadinya jika sertifikat yang didapatkan rusak atau hilang? Jika sertifikat yang anda miliki rusak atau hilang, tentu akan menghambat anda untuk melakukan pembuktian. Hal ini mungkin dapat menurunkan integritas anda karena tidak adanya bukti yang dapat diketahui dan dipercaya oleh pihak terkait.

Dari masalah tersebut, hadirlah sebuah solusi bernama kredensial digital. Kredensial atau sertifikat digital merupakan sebuah inovasi yang hadir dengan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan anda menyimpan dan mengarsipkan kredensial yang anda miliki. Sertifikat, penghargaan, ijazah, atau surat berharga lainnya termasuk dalam jenis kredensial dan dapat diterbitkan secara digital.

Kenapa Harus Digital?

Aman
Keuntungan utama dari kredensial yang berbentuk digital adalah lebih safety dibandingkan dengan kredensial fisik dalam hal penyimpanannya. Anda tidak perlu effort yang berlebihan untuk menyimpan sertifikat digital agar lebih aman. Selain itu, anda tidak perlu khawatir sertifikat atau ijazah anda hilang, rusak, atau terkena bencana alam. Kekhawatiran seperti itu tidak akan terjadi jika anda menggunakan kredensial digital.

Tidak Mudah Dipalsukan
Maraknya pemalsuan sertifikat yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab menyulitkan para profesional untuk membuktikan latar belakang seseorang. Namun, hal ini tidak akan lagi terjadi jika beralih ke kredensial digital. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, kredensial digital lebih sulit untuk dipalsukan. Ini sangat memudahkan pihak profesional untuk verifikasi keaslian kredensial milik anda. Tentunya, dengan sertifikat yang terbukti asli, hal ini dapat meningkatkan trust value anda.

Mudah Diverifikasi
Keuntungan utama dari sertifikat atau ijazah yang berbentuk digital yaitu lebih mudah untuk diverifikasi sehingga dapat mempersingkat waktu dan tenaga anda. Selain itu, sertifikat digital bersifat lebih aman dibandingkan dengan sertifikat fisik karena sertifikat digital sulit untuk dipalsukan. Bagi lembaga atau organisasi yang menerbitkan, sertifikat digital lebih mudah untuk didistribusikan kepada puluhan, ratusan, atau bahkan ribuan penerima yang berbeda-beda lokasinya secara real time.

Jadi, Pentingkah Kredensial Digital?

Dengan melihat situasi dan kondisi yang terjadi di Indonesia, tentu saja sertifikat digital merupakan inovasi yang penting. Adanya pandemi yang saat ini masih melanda Indonesia merupakan momentum yang tepat untuk memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya. Nantinya akan banyak orang yang terbantu dengan hadirnya digitalisasi kredensial, baik secara personal maupun dari lembaga atau organisasi.