Customer Story

PPI Edufest, Wujud Kepedulian PPI Dunia bagi Calon Pelajar Indonesia di Luar Negeri

Aprilia Ferdiana - Mon Dec 13 2021

Menempuh pendidikan di luar negeri adalah impian tersendiri bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, selain mendapatkan ilmu pengetahuan sesuai bidang yang diinginkan, pengalaman di negara lain juga sangat berarti untuk mengasah skill berbahasa dan menambah wawasan terkait lingkungan tersebut.

Sekilas Mengenai PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia)

Ketika Anda memutuskan untuk berkuliah di luar negeri akan selalu ada tempat yang bisa menjadi keluarga di perantauan. Sebut saja PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia), sebuah organisasi pelajar atau mahasiswa yang sedang berkuliah di luar negeri. PPI hadir di setiap negara yang di dalamnya terdapat mahasiswa Indonesia, seperti PPI Malaysia, PPI Singapura, PPI Amerika, PPI Tiongkok. Kumpulan PPI tersebut disatukan dalam wadah yang mengkoordinasi PPI di seluruh dunia yaitu PPI Dunia. Adapun kawasan dari PPI Dunia yaitu Amerika Eropa; Asia-Osenia; Timur-Tengah dan Afrika.

Lebih lanjut mengenai PPI, tim Sertiva telah melakukan wawancara dengan salah satu anggota PPI Malaysia dan panitia PPI Edufest yaitu Riko. Ia tergabung dalam PPI sesuai kampusnya yaitu PPI UTM (University Technology Malaysia). Di tempatnya berada juga sering mengadakan event seperti webinar maupun perkumpulan dari pengurus itu sendiri.

Meski sudah mencakup dunia, tidak semua negara memiliki PPI. Hal ini bisa dikarenakan wilayahnya yang kecil dan mahasiswanya tidak terlalu banyak berada disana. Terkait ini maka mahasiswanya bisa bergabung dengan PPI kawasan terdekat.

Menurut Riko, adanya PPI ini sangat bermanfaat terkhusus untuk dirinya sebagai perantau. Berdasarkan pengalamannya dari mulai mencari informasi kampus luar negeri hingga saat sudah diterima kuliah di luar negeri, PPI menyambut para mahasiswa baru dengan sangat baik. Kalaupun ada permasalahan visa maupun administrasi lainnya PPI juga sangat terbuka untuk membantu.

Riko juga menuturkan tentang kegiatan PPI UTM saat pertama kali masuk kuliah yaitu camping selama dua hari dalam rangka pengenalan kampus, pengenalan organisasi PPI, dan pengenalan teman satu angkatan. Adapun kegiatan rutin diantaranya talks dari orang-orang luar, kompetisi olahraga setiap tahun, dan bantuan akademis dari senior untuk mereka yang mengalami kesulitan dalam belajar. Mereka yang kesulitan belajar itu akan dicarikan kakak tingkat yang bisa mengajarkan topik terkait.

PPI ibarat support system bagi setiap mahasiswa. Dengan adanya berbagai acara seperti webinar, workshop, perkumpulan, maupun kegiatan lain bisa mempererat ikatan sesama mahasiswa Indonesia.

PPI Edufest sebagai Program PPI Dunia

PPI Dunia memiliki satu program pendidikan bernama PPI Edufest. Dilansir dari website resmi edufest.ppi.id, PPI Edufest 2021: Journey of The World’s Education across Indonesia merupakan program yang mempertemukan pelajar Indonesia di luar negeri dan pelajar Indonesia dalam negeri yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Acara ini didukung oleh Duta Felari Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia di 34 provinsi di seluruh Indonesia melalui pameran pendidikan yang diinisiasi oleh Festival Luar Negeri (FELARI) PPI Dunia. PPI Edufest direncanakan pada tahun 2020 dan akhirnya terealisasi pada tahun 2021. Tujuan diadakannya adalah untuk memberikan informasi kepada pelajar-pelajar Indonesia tentang pendidikan di luar negeri melalui jalur non-beasiswa maupun beasiswa.

Riko mengatakan bahwa bentuk program ini berupa webinar melalui zoom meeting. Kegiatan ini dilakukan selama lima bulan sekitar dua minggu sekali. Dalam satu kali chapter terdapat tiga sesi webinar dari berbagai kawasan PPI dunia. Narasumber yang hadir yaitu Mahasiswa/i Indonesia yang sedang menempuh kuliah di luar negeri dari 48 negara. Pelajar atau mahasiswa bisa mengikuti kegiatan ini tanpa terkecuali dan bisa mendaftar berbagai sesi. Dalam acara ini semua peserta akan mendapatkan wawasan terkait pendidikan di luar negeri, relasi, pengalaman, dan e-sertifikat.

Saat event inilah PPI menggunakan Sertiva untuk penerbitan sertifikatnya. Pada tahun 2021 ada sekitar 1400 sertifikat diterbitkan melalui Sertiva. Sebelumnya, pengerjaan sertifikat masih secara manual mulai dari mendesain; menginput nama; lalu mengirim lewat email, whatsapp, atau di print.

Berdasarkan pengalaman penggunaan platform Sertiva, Riko bersama dua temannya sebagai pengelola akun PPI Edufest di Sertiva mengatakan bahwa Sertiva sangat memudahkan untuk menerbitkan sertifikat.

“Sertiva sangat memudahkan dalam mengirimkan sertifikat, apalagi recipientnya itu dari berbagai wilayah. Adanya validasi email juga sangat membantu karena bisa automasi mengirim ke email penerima sertifikat.” ucapnya.

“Fitur yang paling bermanfaat juga bagian automasi pengiriman. Itu yang paling memudahkan dalam pengiriman sertifikat.” tambahnya.

Artikel yang Mungkin Anda Inginkan
Article Image
Customer Story
Ribuan Sertifikat Digital Tela...

Saga Iqranegara - Thu Aug 05 2021

Article Image
Customer Story
Bagaimana Kaskus Networks Bera...

Aprilia Ferdiana - Tue Nov 02 2021

Article Image
Customer Story
Serba Serbi Penerbitan Sertifi...

Aprilia Ferdiana - Sat Nov 06 2021

Article Image
Customer Story
Institut Teknologi Tangerang S...

Aprilia Ferdiana - Wed Dec 08 2021