Company Update

Sertiva untuk Menerbitkan dan Distribusi Sertifikat Digital yang Praktis dan Efisien

Diksy Paramitha - Tue Mar 16 2021

Situasi pandemi akibat virus Corona yang terjadi hampir setahun ini membuat banyak aktivitas mengalami perubahan. Kegiatan yang mengakibatkan kerumunan banyak orang harus disiasati dengan cara diselenggarakan melalui internet alias digital. Workshop dan seminar contohnya, kini dikenal sebagai webinar di mana para pesertanya bisa mengikuti acara dari lokasinya masing-masing melalui perangkat pintar mereka yang tersambung dengan internet. Namun masalahnya adalah, pendistribusian sertifikat digital yang harus diberikan oleh panitia kepada peserta acara cukup rumit untuk dilakukan.

Masalah ini menjadi pengalaman dari Okkie Putriani, S.T., M.T. atau yang biasa dipanggil dengan Okkie. Okkie adalah seorang dosen sebuah Perguruan Tinggi Swasta di Yogyakarta sekaligus seorang peneliti. Pada bulan Juli 2020 lalu, Okkie mengadakan sebuah acara webinar bertemakan Geoteknik selama 5 hari berturut-turut dengan lima judul seminar yang berbeda-beda. Jumlah pesertanya kala itu fantastis, yaitu total mencapai 750 orang untuk kelima seminar tersebut.

Dari acara tersebut, Okkie mengalami kendala pada proses pendistribusian sertifikat digital untuk para pesertanya. Kendala tersebut disebabkan oleh daftar nama dan alamat email peserta yang sering salah dalam penulisannya, sehingga gagal saat proses pengiriman. Selain itu, fitur gmail juga tidak memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan lebih dari 150-200 email dalam satu waktu.

Sebagai solusinya, kala itu Okkie mengajak para mahasiswanya untuk membantu koordinasi sejak beberapa hari sebelum acara webinar diadakan dan mempersiapkan teknis acara tersebut. Lalu, Okkie juga menggunakan fitur tambahan adds on pada Google Chrome yang memiliki fitur pengiriman sertifikat digital, meski demikian cara ini masih dianggap tidak praktis dan merepotkan.
Namun kemudian muncul pertanyaan: “Apakah penerima sudah benar-benar menerima sertifikat digital?”, “Apakah e-sertifikat yang disebarkan bisa diverifikasi atau tidak bisa dipalsukan?”, dan pertanyaan lainnya. Artinya permasalahan tidak hanya berhenti pada pendistribusian sertifikat digital saja.

Pendistribusian Sertifikat Digital yang Mudah dan Cepat

Masalah yang dialami Okkie di atas mungkin saja dialami oleh banyak orang. Meski sudah diambil solusi untuk mengatasinya, tapi prosesnya masih tampak merepotkan serta menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Berkaca dari pengalaman Okkie tersebut, maka diperlukan sebuah solusi mengenai pembuatan dan pendistribusian sertifikat digital yang lebih mudah dan cepat supaya menguntungkan, baik bagi panitia maupun peserta acara. Solusi tersebut adalah menggunakan platform Sertiva yang menyediakan teknologi untuk membuat sertifikat menjadi dalam bentuk digital atau E-Certificate.

Praktis dan Efisien

Dengan Sertiva, Sertifikat digital dapat dibuat dengan cara yang sangat mudah dan cepat. Apabila biasanya pembuatan sertifikat bisa memakan waktu hingga berhari-hari, tapi tidak halnya dengan sertifikat digital. Anda dapat membuat sendiri sebuah sertifikat digital hanya dalam hitungan menit.

Petunjuk penggunaan yang mudah dipahami juga sudah tersedia untuk memudahkan semua orang untuk membuatnya sendiri. Beberapa contoh penggunaan sertifikat yang bisa dibuat melalui Sertiva ini adalah sertifikat seminar dan workshop.
Penerbit cukup menyediakan desain sertifikat dan data penerima sertifikat digital dalam bentuk file Excel. Dengan hanya beberapa langkah, seluruh e-sertifikat tersebut bisa diterbitkan dan didistribusikan secara online melalui email.

Untuk menggunakan layanan Sertiva, Anda hanya perlu membuat akun pribadi yang bisa dilakukan tanpa perlu membayar sedikitpun alias gratis. Kemudian membuat Organisasi penerbit sertifikat dengan mengisi beberapa formulir sederhana. Setelah itu, Anda tinggal mengikuti petunjuknya hingga selesai, kemudian dalam hitungan menit anda bisa menerbitkan sertifikat digital.

Kini, Anda sudah tidak perlu bingung lagi saat akan mendistribusikan sertifikat pada peserta dengan jumlah yang sangat banyak. Semuanya bisa dilakukan dengan sangat mudah, cepat, dan praktis menggunakan Sertiva. Bagi Anda yang hendak menyelenggarakan acara, manfaatkan kemudahan tersebut dan jangan ragu untuk menggunakan Sertiva sebagai solusi pendistribusian sertifikat secara massal kepada para peserta.

Artikel yang Mungkin Anda Inginkan
Article Image
Company Update
Membuat dan Menyimpan Sertifik...

Diksy Paramitha - Thu Jul 16 2020

Article Image
Company Update
International Hotel Management...

Saga Iqranegara - Mon Apr 12 2021

Article Image
Company Update
Sertifikat Digital Bagi Pengha...

Saga Iqranegara - Thu Jul 22 2021

Article Image
Company Update
Promo HUT Kemerdekaan RI

Saga Iqranegara - Sat Aug 07 2021