Product Knowledge

Setup Akun Personal dan Organisasi di Sertiva, Ini yang Perlu Anda Tahu

Aprilia Ferdiana - Fri Jan 14 2022

Sertifikat menjadi kebutuhan yang tak terelakkan untuk lembaga, organisasi, maupun secara personal. Adanya sertifikat untuk lembaga dan organisasi diperlukan sebagai pemberian bukti kepada siapapun yang mengikuti acara atau pelatihan yang diadakan Tujuannya adalah untuk memvalidasi para peserta yang telah memenuhi kualifikasi untuk bisa mendapatkan sertifikat. Bagi para peserta, sertifikat itu berguna untuk melanjutkan pendidikan, melamar pekerjaan, serta bukti kompetensi di bidang yang digelutinya.

Pergerakan yang begitu cepat mau tidak mau harus diimbangi dengan fasilitas yang mendukung. Begitu juga dengan sertifikat, supaya lebih aman dan memudahkan mobilisasi maka adanya sertifikat digital merupakan solusi di era saat ini. Salah satu lembaga yang menyediakan layanan untuk penerbitan sertifikat digital adalah Sertiva. Sertiva disini berperan membantu organisasi atau lembaga yang ingin menerbitkan sertifikat digital secara otomatis, dalam waktu yang singkat, sah secara hukum, dan mudah untuk diverifikasi.

Penggunaan Akun Personal di Sertiva

Jika Anda ingin mencoba menggunakan Sertiva, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat akun. Anda bisa menggunakan akun selain gmail untuk membuat akun di Sertiva. Begitu juga dengan penerima sertifikat, mereka tidak harus menggunakan akun gmail untuk menerima sertifikat.

Cara mendaftar akun di Sertiva juga cukup mudah. Kunjungi https://sertiva.id lalu pilih menu daftar. Lengkapi informasi yang dibutuhkan. Email dan kata sandi yang didaftarkan itulah yang digunakan untuk masuk ke akun personal di Sertiva.

Bagi pengguna akun personal tentunya dibebaskan dari biaya servis. Aktivitas yang dapat dilakukan di akun personal yaitu menerima, menyimpan, dan membagikan sertifikat digital yang telah diterbitkan issuer untuk Anda.

Akun personal tersebut tidak bisa diubah menjadi akun organisasi. Jika ingin membuat akun organisasi atau menerbitkan sertifikat, langkah yang harus dilakukan adalah klik menu nama Anda yang terletak di pojok kanan atas dan klik Buat Organisasi. Disitu Anda bisa menambahkan lebih dari satu organisasi atau lembaga dalam satu akun yang dibuat.

Lengkapilah data yang dibutuhkan seperti nama organisasi, deskripsi, email, jenis, sertifikat yang diterbitkan dalam satu tahun, dan kontak person. Klik Buat Organisasi. Setelah itu akun organisasi Anda telah siap digunakan untuk menerbitkan sertifikat.

Penggunaan Akun Organisasi di Sertiva

Aktivitas yang bisa dilakukan di akun organisasi yaitu menerbitkan sertifikat. Langkah untuk menggunakan akun organisasi cukup mudah. Masuklah terlebih dahulu ke akun personal, lalu klik menu nama Anda di pojok kanan atas. Klik nama organisasi yang dituju.

Ada beberapa hal yang bisa dieksplorasi di akun organisasi ini. Pada menu nama organisasi di pojok kanan atas, ada pilihan Ubah Organisasi dan Pengaturan. Ubah Organisasi bisa Anda lakukan jika ingin mengganti nama organisasi, email, nomor telepon, web organisasi, dan deskripsi organisasi. Sedangkan di dalam Pengaturan ada pilihan Administrator dan Kustomisasi Email. Klik Administrator apabila ingin menambah admin baru. Jadi, dalam satu organisasi bisa dikelola oleh beberapa orang. Klik Kustomisasi Email jika diperlukan (Apabila menu ini tidak tersedia silakan hubungi CS Sertiva di info@sertiva.id untuk mengaktifkan).

Selain menu nama organisasi di pojok kanan atas, ada juga menu lainnya yaitu dasbor, desain, template, dan sertifikat.

Pada menu dasbor diisi dengan fitur topup kredit dan verifikasi organisasi. Fitur topup kredit digunakan apabila Anda ingin menerbitkan sertifikat dengan fitur Premium. Keunggulan fitur Premium diantaranya bisa menerbitkan berbagai jenis sertifikat, ada dokumen bukti/lampiran, QRCode verifikasi, notifikasi whatsapp penerima, custom notifikasi email, dan remove watermark. Sedangkan di fitur gratis yang didapatkan berupa design editor, import CSV/Excel, unduh pdf sertifikat, tandatangan elektronik, notifikasi email penerima, dan verifikasi online. Fitur verifikasi organisasi digunakan apabila Anda ingin memverifikasi akun organisasi di Sertiva. Verifikasi ini berguna untuk menumbuhkan trust di mata peserta yang menerima sertifikat dari organisasi Anda. Bukti jika akun telah terverifikasi adalah ditandai dengan centang biru. Centang biru didapatkan dengan mengajukan verifikasi ke Sertiva dengan mengikuti ketentuan yang berlaku. Silakan klik Verifikasi dan ikuti ketentuannya.

Pada menu desain diisi dengan desain sertifikat yang Anda buat. Jika Anda ingin membuat desain caranya cukup mudah. Klik Buat Desain, pilih orientasi sertifikat Anda (Portrait/landscape), setelah itu akan diarahkan ke dasbor untuk mendesain sertifikat. Anda bisa mendesain sertifikat sesuai keinginan. Anda juga bisa menggunakan desain yang telah disiapkan sendiri untuk digunakan di Sertiva. Caranya dengan klik menu Upload Bg pada dashboard design. Format yang bisa digunakan yaitu png dan svg, namun yang lebih disarankan adalah format svg. Apabila saat sertifikat sudah diterbitkan dan ada hal mendesak yang mengharuskan desain diubah maka itu bisa dilakukan. Caranya dengan merevoke sertifikat yang terlanjur sudah diterbitkan kemudian menerbitkan ulang dengan desain yang sudah diperbaharui.

Pada menu template itu adalah blangko sertifikat Anda. Caranya klik Buat Template. Langkah pertama (Buat Template), isikan judul sertifikat dan deskripsi sertifikat. Langkah kedua (Pilih Desain), pilihlah desain sertifikat yang sudah dibuat untuk acara/pelatihan Anda. Langkah ketiga (Konfirmasi), cek ulang apakah desain yang dipilih sudah tepat lalu klik buat template. Langkah keempat (Selesai), template telah dibuat dan sudah bisa menerbitkan sertifikat.

Pada menu sertifikat Anda bisa menerbitkan sertifikat. Ini adalah langkah terakhir setelah melalui rangkaian proses seperti mendesain dan membuat template. Dasbor sertifikat ini menampilkan sertifikat apa saja yang sudah diterbitkan oleh organisasi terkait. Jika ingin menerbitkan sertifikat, klik Terbitkan Sertifikat. Selanjutnya pilih template sertifikat yang ingin digunakan. Impor data penerima sertifikat Anda. Impor dan tunggu sampai pengunggahan data selesai. Apabila terdapat tambahan penerima maka bisa klik Tambah untuk mengisi nama dan email. Klik Pratinjau untuk meninjau ulang sertifikat yang akan diterbitkan. Jika sudah cukup yakin, klik Terbitkan Sertifikat. Tentukan tanggal kadaluwarsa dan klik Ya, Terbitkan Sekarang. Setelah proses penerbitan sertifikat, Anda masih bisa menerbitkan sertifikat tambahan.

Anda bisa melihat sertifikat yang telah diterbitkan di dasbor menu sertifikat. Disitu ada nama penerima, judul, tanggal diterbitkan dan kadaluwarsa, dan status. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Anda bisa menarik ulang sertifikat yang telah diterbitkan. Caranya, klik titik tiga pada sertifikat yang ingin ditarik ulang, pilih Revoke. Tuliskan alasan Anda melakukan Revoke, klik Revoke Credential. Setelahnya muncul pemberitahuan bahwa sertifikat terpilih telah dibatalkan. Statusnya juga berubah menjadi Revoked. Namun, Anda pun masih tetap bisa merelease kembali sertifikat untuk penerima tersebut.

Demikian penjelasan mengenai pengenalan akun personal dan akun organisasi di Sertiva. Semoga bisa bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman mengenai layanan di Sertiva dan memudahkan Anda jika ingin menerbitkan sertifikat digital di Sertiva. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut silakan email ke info@sertiva.id.

Artikel yang Mungkin Anda Inginkan
Article Image
Product Knowledge
Perbedaan Sertifikat Digital d...

Saga Iqranegara - Sat Jul 31 2021

Article Image
Product Knowledge
Perbedaan Penerbitan Sertifika...

Saga Iqranegara - Tue Aug 17 2021

Article Image
Product Knowledge
Manfaatkan Digitalisasi untuk...

Aprilia Ferdiana - Sat Oct 23 2021

Article Image
Product Knowledge
4 Cara Verifikasi Sertifikat D...

Aprilia Ferdiana - Fri Dec 10 2021