Idea & Thoughts

6 Rekomendasi Film yang Memotivasi untuk Meraih Kesuksesan

Aprilia Ferdiana - Tue Jan 04 2022

Setelah melewati hari yang melelahkan sebagian orang ingin menghabiskan sisa waktunya untuk mencari hiburan. Salah satunya dengan menonton film favorit. Selain sebagai hiburan, film juga bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi untuk menjalani hidup. Banyak film berkualitas yang memiliki pesan moral dan bagus untuk memperkaya sudut pandang.

Film bisa menjadi alternatif lain sebagai tempat belajar selain buku, seminar, maupun pelatihan. Sudahkah Anda memiliki rencana film yang akan ditonton di sela-sela waktu luang? Berikut rekomendasi film yang bisa memotivasi Anda agar lebih semangat untuk mewujudkan impian.

1. Wolf of Wall Street

Film biografi komedi ini disutradarai oleh Martin Scoursese dengan bintang film diantaranya Leonardo DiCaprio, Jonah Hill, Margot Robbie dan lainnya. Dirilis pada tahun 2013, film ini sukses mengundang banyak perhatian.

Diceritakan dalam film ini tentang kisah Jordan Belfort yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio, ia merupakan pialang saham. Berbagai hal dilalui oleh Jordan Belfort namun ia tetap berusaha untuk bangkit dari masa sulit.

Film ini juga mengajarkan seseorang untuk memiliki pandangan yang terbuka, mau mempelajari hal baru, dan optimis dalam meraih kesuksesan.

2. The Greatest Showman

Film yang dirilis tahun 2017 ini merupakan film bergenre drama musikal. Adapun bintang film ini diantaranya Hugh Jackman, Zac Efron, Michelle Williams, Rebecca Ferguson, dan Zendaya. Dalam film ini P. T. Barnum berjuang keras dalam hidupnya. Berbagai masalah pun tak pernah terlepas darinya. Namun, ia berhasil bangkit dari masalah yang menimpa.

Diceritakan ia mengajak orang-orang yang kurang diterima di publik atau dianggap cacat untuk bergabung dalam sirkus yang dipimpinnya. Para anggota sirkus itu yang awalnya kurang diterima di masyarakat ternyata mampu menghibur para penonton. Dari situ pandangan masyarakat yang tadinya menghina berubah menjadi memuji.

Salah satu pesan yang dapat diambil dari film ini adalah setiap sesuatu pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tinggal bagaimana cara seseorang dapat menghargai setiap perbedaan itu.

3. The Social Network

Film biografi drama ini dirilis tahun 2010 dan disutradarai oleh David Fincher. Adapun aktor dalam film ini diantaranya Jesse Eisenberg, Andrew Garfield, Justin Timberlake, Rooney Mara dan lainnya.

Kisah dalam film ini diadaptasi dari buku The Accidental Billionaires dengan pengarang Ben Mezrich yang mengisahkan perjalanan Mark Zuckerberg membangun Facebook.

Saat Mark menempuh pendidikan di Harvard, Mark Zuckerberg (Jesse Eisenberg) dibuat kesal oleh mantannya yaitu Erica Albright (Rooney Mara). Kekesalannya itu ia tumpahkan melalui media blog yang bernama Facemash. Disitu terdapat hinaan terhadap mantan kekasihnya dan ditampilkan juga foto-foto mahasiswi lainnya. Facemash yang ramai dikunjung pun membuat sebagian jaringan komputer Harvard mengalami sebuah gangguan. Hal ini menyebabkan Mark diskors selama 6 bulan. Siapa sangka ternyata Facemash menarik perhatian beberapa orang. Mark juga menemui temannya, Eduardo Saverin (Andrew Garfield) untuk memaparkan ide tentang Thefacebook untuk siswa Ivy League.

Berbagai masalah memang dilalui oleh Mark sebelum berhasil mendirikan Facebook. Namun, ia berhasil meraih tujuannya dengan usaha yang dilakukan. Anda akan termotivasi untuk mengejar kesuksesan setelah menonton film ini.

4. Mars: Mimpi Ananda Raih Semesta

Film yang dirilis tahun 2016 ini berkaitan dengan misi pendidikan. Diadaptasi dari novel yang berjudul sama, film ini dibintangi oleh Kinaryosih, Acha Septriasa, Cholidi Asadil, Teuku Rifnu Wikana, dan Chelsea Riansy.

Diceritakan ada seorang wanita tua bernama Tupon (Kinaryosih) yang tinggal di kaki Gunung Kidul membesarkan anaknya bernama Sekar (Acha Septriasa) seorang diri. Suaminya sudah meninggal akibat kecelakaan.

Tupon selalu bekerja keras supaya anaknya mampu menempuh pendidikan setinggi mungkin. Sekar pun tak ingin mengecewakan semua pengorbanan Tupon. Ia belajar dengan giat sampai akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menempuh kuliah di Oxford University. Berkat dukungan dari Tupon dan ketekunannya maka diraihlah gelar master di jurusan astronomi.

Dari film ini diketahui bahwa bagaimanapun latar belakang seseorang bukanlah menjadi penghalang untuk meraih pendidikan setinggi langit. Setiap usaha dan doa akan membuahkan hasil pada waktunya.

5. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi merupakan film yang diadaptasi dari buku Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata. Pemeran utamanya adalah Cut Mini, Ikranagara, Mathias Muchus, Slamet Rahardjo dan Teuku Rifnu Wikana.

Dikisahkan pada 1970 terdapat sekolah di desa Gantong, Pulau Belitung bernama SD Muhammadiyah Gantong. Sekolah ini menjadi tempat satu-satunya anak-anak di desa tersebut bisa menimba ilmu. Minimnya murid membuat sekolah tersebut sempat akan ditutup. Hanya ada 9 murid yang mendaftar. Sedangkan persyaratan minimal harus ada 10 murid. Harun dan Lintang pun hadir untuk melengkapi kekosongan tersebut.

Seorang guru bernama Muslimah dengan senang hati mendidik 11 muridnya. Ia menamainya dengan julukan Laskar Pelangi. Dengan segala keterbatasan yang ada, Bu Muslimah mampu mendidik mereka menjadi siswa yang berprestasi.
Pesan yang dapat diambil dari film ini adalah kemiskinan tidak selalu berhubungan dengan kebodohan. Akan selalu ada jalan bagi setiap orang yang memiliki semangat tinggi untuk menuntut ilmu.

6. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

Film yang dibintangi oleh Chelsea Islan, Dion Wiyoko, dan Kimberly Rider ini terinspirasi dari kisah Merry Riana. Seorang perempuan yang berhasil meraih satu juta dolar pertamanya pada usia 26 tahun di Singapura.

Kisah ini bermula saat Merry dan orang tuanya berniat mengungsi ke Singapura, tempat saudaranya ayahnya berada. Akan tetapi Merry terpaksa harus berangkat seorang diri karena harta benda milik keluarga ludes saat dijarah di bandara. Saat itu keadaan Indonesia memang sedang kurang baik karena krisis moneter pada 1998.

Sesampainya di Singapura, diketahui bahwa rumah saudara ayahnya ternyata sudah pindah. Merry pun memikirkan cara supaya bisa bertahan hidup. Saat menjalani kuliah ia juga tak segan untuk melakukan berbagai pekerjaan. Berkat perjuangan itu ia berhasil meraih keberhasilan dalam hidupnya.

Demikian 6 rekomendasi film yang memotivasi Anda agar pantang menyerah dalam meningkatkan kompetensi diri untuk meraih impian. Sekarang siapkan list film apa saja yang akan ditonton, jadwalkan di waktu senggang, dan siapkan catatan untuk menulis saat mendapat inspirasi. Happy watching and learning!

Artikel yang Mungkin Anda Inginkan
Article Image
Idea & Thoughts
Pentingnya Kredensial Digital...

Diksy Paramitha - Mon May 31 2021

Article Image
Idea & Thoughts
Diperingati Lagi Hari Santri N...

Aprilia Ferdiana - Fri Oct 22 2021

Article Image
Idea & Thoughts
Mengulik Lifelong Learning, Sa...

Aprilia Ferdiana - Tue Oct 26 2021

Article Image
Idea & Thoughts
Hari Sumpah Pemuda Sebagai Mom...

Aprilia Ferdiana - Thu Oct 28 2021