Product Knowledge

4 Cara Verifikasi Sertifikat Digital yang Diterbitkan melalui Sertiva

Aprilia Ferdiana - Fri Dec 10 2021

Meski hanya satu halaman saja, setiap sertifikat memiliki nilai yang sangat penting. Contohnya berbagai sertifikat pencapaian Anda di bidang pendidikan, sosial, maupun lainnya. Pencapaian-pencapaian Anda yang didokumentasikan menjadi sebuah sertifikat bisa menjadi bukti saat Anda membutuhkannya. Misalnya saat melamar posisi tertentu yang diinginkan. Anda akan dinilai kompeten dalam bidang tertentu sesuai sertifikat yang dicantumkan. Selain itu, sertifikat bisa menjadi bukti kepemilikan suatu hal. Untuk itulah sebuah sertifikat harus dijaga keabsahannya.

Sayangnya, pada sertifikat penting seperti ijazah kelulusan atau sertifikasi kompetensi sering ditemui adanya kasus pemalsuan. Banyak pihak tidak bertanggung jawab yang menawarkan ijazah abal-abal. Peminat gelar-gelar palsu ini pun lumayan banyak. Mereka yang memesan biasanya membutuhkan sesuatu untuk meraih sesuatu lainnya secara instan. Akhirnya ditukarlah sebuah ilmu menjadi sertifikat palsu yang harganya bisa mencapai jutaan.

Kalau Anda terbiasa dengan sertifikat cetak, mungkin sekarang waktunya Anda untuk mengenal sertifikat digital. Sertifikat digital bisa disimpan dalam suatu sistem tanpa perlu dicetak dan tanpa harus dikhawatirkan hilang atau rusak. Berbeda dengan sertifikat cetak yang bisa dilihat oleh siapa saja, sertifikat digital hanya bisa diakses oleh Anda sendiri. Tentu karena berada dalam sistem online maka harus login dengan akun sendiri.

Pada beberapa situasi, muncul kebutuhan untuk memverifikasi sebuah sertifikat yang dilakukan oleh pihak tertentu. Bisa itu seorang HRD, pimpinan perusahaan, atau sekolah di tahap yang lebih tinggi. Tujuannya adalah untuk membuktikan kebenaran apakah suatu sertifikat diterbitkan oleh pihak yang benar, diterbitkan untuk pihak yang berhak, dan informasi di dalamnya tidak mengalami perubahan apapun.

Satu contoh dimana suatu pihak memverifikasi sertifikat adalah pada saat seseorang melamar pekerjaan. Tim HRD pada perusahaan tempatnya melamar perlu memastikan apakah sertifikat yang dilampirkan atau menjadi syarat, adalah sertifikat yang sah dan benar. Terkadang proses ini memakan waktu yang cukup lama karena prosesnya yang masih manual.

Pada sertifikat digital, verifikasi sudah menjadi fitur yang melekat. Protokol sertifikat digital memungkinkan pihak manapun dapat dengan mudah memvalidasi keabsahan sebuah sertifikat digital. Menjadikannya dokumen digital yang tidak perlu lagi diragukan keabsahannya.

Sertiva sebagai penyedia layanan sertifikat digital tentunya sudah menyediakan fasilitas verifikasi pada semua sertifikat digital yang diterbitkan melalui Sertiva. Berikut ini 4 skema verifikasi sertifikat digital Sertiva:

1. Melalui laman sertifikat digital

a. Masuklah ke website Sertiva dengan cara klik link https://sertiva.id. Selanjutnya, Anda haruslogin ke akun personal di Sertiva dengan cara klik “Masuk”.
1.png

b. Isikan email dan kata sandi yang telah didaftarkan ke Sertiva.
2.png

c. Setelah login akan muncul halaman dashboard. Disitu tertera sertifikat acara atau pelatihan yang pernah Anda ikuti yang diterbitkan oleh Sertiva. Klik atau buka salah satu sertifikat yang ingin Anda verifikasi untuk menuju ke laman sertifikat digital.
3.png

d. Klik “Verifikasi”. Tunggu sampai proses verifikasi selesai.
3.png

e. Proses verifikasi telah selesai. Layar akan menampilkan hasil verifikasi yang terdiri dari beberapa aspek. Jika aspek tersebut valid, maka akan ada simbol centang hijau. Jika ada aspek yang tidak valid, maka akan ada simbol silang merah.
6.png

2. *Scan QR Code yang tercetak

a. Klik link https://online-barcode-reader.inliteresearch.com/. Selanjutnya, select barcode types. Pilih bentuk yang sesuai dengan barcode yang ada di sertifikat Anda yaitu QR Code.
IMG_20211230_224413.png

b. Kemudian, select image file. Anda perlu mengupload file tersebut dengan klik choose file.
IMG_20211230_224434.png

c. Klik read.
IMG_20211231_134306.png

d. Setelah itu, ditampilkan hasil dari proses scan QR code berupa berbagai keterangan tentang file tersebut. Perhatikan di bagian bawah terdapat sebuah link. Salin link tersebut. Buka tab baru di laptop atau komputer Anda, tempelkan link tersebut pada kolom pencarian, klik enter.
4.png

e. Anda akan diarahkan ke laman sertifikat digital. Klik “Verifikasi”. Tunggu sampai proses verifikasi selesai.
3.png

f. Proses verifikasi telah selesai. Layar akan menampilkan hasil verifikasi yang terdiri dari beberapa aspek. Jika aspek tersebut valid, maka akan ada simbol centang hijau. Jika ada aspek yang tidak valid, maka akan ada simbol silang merah.
6.png

Selain melalui laptop atau komputer, Anda bisa juga scan QR Code melalui handphone. Berikut langkah-langkahnya :
a. Download aplikasi QR Code Reader – Scan, Create by Sumy Applications atau aplikasi lain yang sejenis.
1.jpg

b. Gunakan fitur kamera di aplikasi tersebut untuk memotret langsung QR Code yang tertera pada sertifikat cetak. Apabila sertifikat berbentuk image/pdf, klik opsi image/pdf untuk mengupload file dan dipindai.
2.jpg

c. Setelah proses scan selesai, akan ditampilkan sebuah link yang mengarah ke laman sertifikat digital. Anda bisa klik link tersebut.
3.jpg

d. Anda akan diarahkan ke laman sertifikat digital. Klik “Verifikasi”. Tunggu sampai proses verifikasi selesai.
4.jpg

e. Proses verifikasi telah selesai. Layar akan menampilkan hasil verifikasi yang terdiri dari beberapa aspek. Jika aspek tersebut valid, maka akan ada simbol centang hijau. Jika ada aspek yang tidak valid, maka akan ada simbol silang merah.
5.jpg

3. Upload dokumen sertifikat

a. Masuklah ke website Sertiva dengan cara klik link https://sertiva.id. Setelah itu, klik menu “Verifikasi”.
1.png

b. Klik “Pilih dokumen Anda di sini” untuk mengupload dokumen dan tunggu sampai proses verifikasi selesai.
2.png

c. Proses verifikasi telah selesai. Layar akan menampilkan hasil verifikasi yang terdiri dari beberapa aspek. Jika aspek tersebut valid, maka akan ada simbol centang hijau. Jika ada aspek yang tidak valid, maka akan ada simbol silang merah.
3.png

4. Input nomor sertifikat

a. Masuklah ke website Sertiva dengan cara klik link https://sertiva.id. Setelah itu, klik menu “Verifikasi”.
1.png

b. Masukkan nomor sertifikat yang ingin Anda verifikasi pada kolom untuk pengisian nomor sertifikat. Setelah itu, klik “Cari Sertifikat”.
2.png

c. Anda akan diarahkan ke laman sertifikat digital. Klik “Verifikasi”. Tunggu sampai proses verifikasi selesai.
3.png

d. Proses verifikasi telah selesai. Layar akan menampilkan hasil verifikasi yang terdiri dari beberapa aspek. Jika aspek tersebut valid, maka akan ada simbol centang hijau. Jika ada aspek yang tidak valid, maka akan ada simbol silang merah.
4.png

Demikian 4 cara yang bisa dipilih untuk melakukan verifikasi dokumen sertifikat digital di Sertiva. Anda bebas memilih cara manapun yang paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan.

Ada usulan lain untuk proses verifikasi dokumen sertifikat digital yang lebih mudah? Sampaikan kepada kami melalui email info@sertiva.id

Artikel yang Mungkin Anda Inginkan
Article Image
Product Knowledge
Perbedaan Sertifikat Digital d...

Saga Iqranegara - Sat Jul 31 2021

Article Image
Product Knowledge
Perbedaan Penerbitan Sertifika...

Saga Iqranegara - Tue Aug 17 2021

Article Image
Product Knowledge
Manfaatkan Digitalisasi untuk...

Aprilia Ferdiana - Sat Oct 23 2021

Article Image
Product Knowledge
Keunggulan Menerbitkan Sertifi...

Aprilia Ferdiana - Sun Jan 02 2022